Setel ulang, pindah ke halaman web sebelumnya, dan hapus action bar di Sketchware

Setel ulang, pindah ke halaman web sebelumnya, dan hapus action bar di Sketchware

1. Bagaimana cara membuat tombol reset di Sketchware? 

Jika kita memiliki aplikasi yang mengambil input yg ditulis, dan menggunakan satu atau lebih widget Edittext, kita bisa gunakan tombol reset di aplikasi yang  berfungsi menghapus semua input dalam tampilan Edittext.

Tenang aja, metodenya sederhana aja kok. Cukup masukkan Button baru pada bidang tampilan app kita dan beri nama sebagai reset. Kemudian dalam logic atur semua Edittext menjadi kosong. Contohnya kayak Gambar di bawah ini.

Nah.. Sekarang kalo kita mengklik tombol reset, maka semua bidang edittext bakalan kosong.

so....kita lanjut ke berikutnya.

2. Bagaimana cara mengaktifkan kembali atau pergi ke halaman sebelumnya di tampilan web? 

Dalam webview jika kita belum menggunakan kode apa pun selain loadurl, aplikasi akan keluar sendiri jika kita menekan tombol kembali pada halaman web mana pun. Biar gak kayak begitu, pada logic aplikasi, gunakan event (acara) onBackPressed dan gunakan kode berikut (spt gambar):

if WebView ......... canGoBack then
      WebView.......... goBack
else
      Finish Activity



Saat menggunakan kode ini, jika ada history halaman web, maka aplikasi akan mengarahkan kita ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol kembali di ponsel, dan jika tak ada history apapun maka akan keluar dari aplikasi.

paham dan mudah bukan? ok, lanjut lagi

3. Bagaimana cara menghapus action bar dari halaman mana saja di aplikasi Anda?

Untuk menghapus action bar dari halaman mana aja, klik menu di sudut kanan atas di Sketchware, buka View Manager, pilih halaman xml kita dan ubah tema menjadi NoActionBar. Maka bilah tindakan (action bar) akan terhapus dari halaman itu, di aplikasi kita.

yups udah dulu yang ini. n terus pantengin blog ini biar kita sama2 makin canggih. yakan....

Share this:

Disqus Comments